AKU dan SRK (Ayu Dinda Puspitasari)

Nama : Ayu Dinda Puspitasari
NIM : 07181020
Kelas : musically

AKU dan SRK selama masa perkuliahan

Dari berbagai macam pelatihan yang ada di Institut Teknologi kalimantan, salah satunya adalah LKMM (Latihan Keterampilan Menejemen Mahasiswa). LKMM mengajarkan mahasiswa bagaimana cara memanajemen waktu dengan baik, melatih kerja sama dan meningkatkan kepercayaan diri. Saya telah mengikuti LKMM Pra TD ke IV dengan tema “Gen Z Milenial”, selama pelatihan mahasiswa diberikan pembekalan untuk mengembangkan softskill dan hardskill untuk menjadi seseorang yang berhasil kedepannya, salah satunya AKU dan SRK.
AKU merupakan kependekan dari Ambisi, Kenyataan dan Usaha. Menurut KBBI, Ambisi merupakan hasrat atau nafsu yang besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu. Kenyataan adalah hal yang nyata dan benar-benar ada. Usaha adalah kegiatan yang mengerahkan tenaga, pikiran, dan badan untuk mencapai suatu maksud.
Lalu SRK itu sendiri adalah kependekan dari Sasaran, Resiko dan Konsekuensi. Sasaran adalah tingkat poin-poin untuk mencapai tujuan. Resiko adalah suatu keadaan ketidakpastian, dimana saat suatu keadaan menimbulkan kerugian. Dan Konsekuensi adalah akibat dari suatu perbuatan, pendirian, dan  sebagainya.

Berikut AKU saya untuk 4 tahun masa peruliahan:
AMBISI
Ambisi yang saya miliki untuk 4 tahun masa perkuliahan yaitu, memperoleh nilai IPK akhir minimal 3,5, lulus tepat waktu bahkan lebih cepat, menjadi bagian penting dari HMS pada bidang SosMa dan PSDM, membuat sesuatu kegiatan khusus untuk mahasiswa sipil sesuai bidang yang bersangkutan, dan kembali ke SMK Negeri 1 Balikpapan dengan  status  pengajar  setelah  lulus.

KENYATAAN
Kenyataan yang saya hadapi selama 4 tahun untuk mencapai ambisi saya yaitu, masih  kurang  paham dibeberapa mata kuliah, masih  menggunakan  sistem  kebut  semalam, masih  kurang  mengasah  kemampuan  karena  mendahulukan  rasa  malas, kurang  aktif  mencari  informasi tentang  HMS dan lebih  mementingkan  jalan dengan teman dibanding   tugas.
USAHA
Berikut ini adalah usaha yang saya lakukan untuk mencapai ambisi saya yaitu, belajar pada teman yang lebih paham pada mata kuliah yang kurang dipahami, belajar membuat skala prioritas, belajar  menolak  ajakan  teman  untuk  hal  yang  kurang  penting, berusaha mencari  informasi  pada bidang yang diminati baik dari orang luar maupun orang dalam ITK. Dan berusaha untuk  mengurangi  rasa malas.

Berikut ini SRK saya setiap tahun untuk 4 tahun  masa perkuliahan:
I. Tahun Pertama
Sasaran : lulus TPB dengan nilai minimal 3,5 dan mengikuti PKM.
Resiko : waktu luang lebih sedikit karena harus belajar lebih.
Konsekuensi: jika sasaran saya pada tahun ini tidak tercapai maka saya harus lebih banyak belajar kedepannya, dan jika berhasil maka saya akan bersyukur dan tetap meningkatkan usaha saya kedepannya.

II. Tahun Kedua
Sasaran : mengikuti kegiatan organisasi dan kepanitiaan dangan mengimbangkan dengan  kegiatan perkuliahan.
Resiko : waktu luang lebih sedikit lagi karena harus belajar membagi waktu untuk menyeimbangkan antara pelajaran dan organisasi.
Konsekuensi: jika gagal maka saya merasa sedih karena kemauan saya belum tercapai, jika berhasil maka saya akan merasa senang dan saya akan meningkatkan lagi  usaha  saya untuk keinginan saya selanjutnya.

III. Tahun Ketiga
Sasaran : meningkatkan lagi IPK saya dan OJT ditempat yang saya inginkan.
Resiko : harus meningkatkan softskill dan hardskill yang saya miliki, waktu luang yang saya punya maka akan semakin sedikit.
Konsekuensi: jika gagal maka saya akan merasa sedih dan tidak memliki kemampuan lebih untuk mencapai apa yang saya inginkan, dan jika saya berhasil maka saya akan sangat bersyukur dan beusaha untuk lebih baik kedepannya.

IV. Tahun Keempat
Sasaran : lulus pada tahun  ini  dan langsung  memiliki pekerjaan.
Resiko : saya harus benar-benar fokus mengerjakan tugas matakuliah dan tugas akhir dangan tidak  adanya waktu  luang.
Konsekuensi: jika saya gagal maka saya harus berusaha lebih, dan jika saya berhasil maka saya akan bangga pada diri saya serta membanggakan orang-orang yang  mendukung  saya.

Comments

Popular Posts