AKU dan SRK (Azan Suwandi)

Nama   :  Azan Suwandi
NIM      : 11181014
Kelas    : MUSICALLY

AKU
Ambisi, Kenyataan, dan Usaha

Artikel ini membahas tentang AKU. AKU sendiri adalah singkatan dari Ambisi, Kenyataan dan Usaha.Ambisi adalah keinginan untuk mendapatkan sesuatu. Ambisi tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya suatu dasar, dasar tersebut adalah orientasi. Orientasi merupakan pandangan yang menjadi dasar kenapa kita berambisi. Semua orang seharusnya memiliki ambisi, karena jika ambisi tersebut bisa tercapai hal itu dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada diri, namun tidak semua ambisi bisa dicapai, hal itu dapat memberikan efek negatif yaitu rasa kecewa. Oleh karena itu, dalam melakukan ambisi harus sesuai dengan kenyataan. Kenyataan adalah peristiwa yang benar-benar atau ada. Lalu sebenarnya apa hubungan antara Ambisi dan Kenyataan? Ambisi dan Kenyataan memiliki sangkut paut karena kenyataan ini merupakan suatu kondisi riil yang dapat mendukung ataupun menghambat suatu ambisi. Kenyataan dapat dipandang dari segi eksternal maupun internal. Segi eksternal bersumber dari lingkungan sedangkan segi internal bersumber dari dalam diri seseorang itu sendiri diantaranya keyakinan, kesanggupan dan kecenderungan pribadi.Usaha adalah tindakan nyata yang dilakukan seseorang. Usaha sendiri terdiri dari dua jenis, diantaranya Reaktif dan Proaktif. Reaktif merupakan suatu usaha yang dikerjakan atas perintah orang lain, sedangkan proaktif merupakan suatu usaha yang muncul atas inisiatif sendiri atau bisa dikatakan atas kesadaran diri sendiri.Untuk AKU saya pribadi adalah sebagai berikut:
AMBISI
Sebagai mahasiswa tentunyas saya berambisi untuk mendapatkan IPK tinggi dan target saya sendiri adalah 3,5 .Saya juga hobi bermain basket  maka dari itu saya juga ingin aktit dalam UKM basket dan juga meraih juara dalam event basket dengan membawa nama ITK.
KENYATAAN
Namun,dalam pelaksanaannya saya masih sering bermalas malasan dalam mengerjakan hal yang saya kurang sukai. Di ITK sendiri UKM basket masih proses berkembang dan peminatnya pun masih sedikit,dalam berlatih masih bermalas malasan karena alasan biaya dsb.
USAHA
Untuk menanggulangi resiko diatas,dalam belajar saya sering menyugesti diri saya dan beranggapan bahwa saya adalah bibit unggul,saya harus bisa membuktikan kepada yang lain bahwa saya bisa melampaui mereka agar motivasi saya bangkit.Dan juga dalam basket saya mengajak teman teman yang lain agar semangat dalam berkontribusi di UKM basket.
SRK
Sasaran, Resiko, Konsekuensi

Sasaran adalah sesuatu yang ingin dicapai.Resiko adalah akibat yang merugikan dari yang dilakukan.Dan konsekuensi adalah hasil dari suatu perbuatan yang dapat berupa hasil baik maupun buruk.
Tahun pertama:
Sasaran:
Ditahun pertama saya ingin mendapat ip minimal 3,5. Dan saya juga ingin agar dapat lepas dari dealiner.
Resiko:
Untuk mendapat ip 3,5 saya harus merelakan waktu bersantai saya untuk belajar dan mengerjakan tugas.tentunya harus mengerjakan dengan penuh semangat agar bisa selesai lebih dahulu dan bersantai belakangan.
Konsekuensi:
Jika tercapai saya dapat membanggakan orang tua saya adalah  kesenangan tersendiri untuk saya.jika tidak tercapai tentulah orang tua akan kecewa diarenakan biaya kuliah yang tidak sedikit namun saya menjalaninya dengan bermalas malasan.Jika saya berhasil depas dari deadliner saya dapat bermain game dengan lebih efektif,karena suasana hati yang tenang tanpa di ganggu oleh tugas.Walaupun waktunya terbatas karena dibagi dengan belajar,saya tentu memiliki kepuasan tersendiri dalam menghibur diri. 
Tahun Kedua:
Sasaran:
Ditahun kedua saya ingin menjadi seorang assisten dosen matematika diskrit,saya juga ingin menjadi seorang kapem.Dan dalam UKM saya juga ingin menjadi staff fungsionaris.
Resiko:
Dengan kesibukan sebagai mahasiswa,saya juga akan lebih di sibukan dengan tanggung jawab yang saya pegang,waktu bersantai santai saya juga akan digunakan untuk mengerjakan tugas tugas tersebut  disamping saya juga harus belajar untuk mata kuliah saya sendiri.
Konsekuensi:
Jika saya berhasil menjadi staff dalam akademisi(assisten dosen) maupun dalam organisasi(fungsionaris) maka saya akan dikenal dikalangan mahasiswa baru maupun kalangan dosen,dan juga jika saya gagal dalam meraih jabatan tersebut maka saya akan kecewa dan perlu untuk mengoreksi diri agak bisa meraihnya di tahun selanjutnya.
Tahun ketiga:
Sasaran:
Ditahun ketiga saya ingin menjadi staf fungsionaris divisi PSDM di himpunanagar dapat mengembangkan sumber saya mahasiswa pada HMSI.Dan juga saya ingin cepat mengambil kerja praktek di perusahaan di kota saya khususnya PT Badak NGL.
Resiko:
Disaat tahun yang terbilang cukup sibuk ini masih harus mengurus para mahasiswa yang lain dan juga waktu untuk refreshing menjadi lebih sedikit.
Konsekuensi:
Jika saya berhasil menjadi staff psdm maka saya akan lebih sibuk serta suatu kehormatan bagi saya untuk dapat membantu dalam mengembangkan mahasiswa di himpunan.Jika saya berhasil melaksanakan kerja praktek di PT badak,maka orang tua saya dan teman teman saya akan senang,jika gagal saya akan mencari tempat lain untuk saya sebagai wadah kontribusi dalam dunia keja saya yang akan datang.
Tahun keempat:
Sasaran:
Dikarenakan biaya kuliah yang tidak sedikit,tentunya memotivasi saya untuk lulus lebih cepat.Dan juga ketika saya lulus Project tugas akhir saya dapat di gunakan oleh ITK untuk kedepannya.
Resiko:
Ilmu yang didapat di perkuliahan tidak maksimal karena lulus lebih cepat.Mulai dari sekarang harus bisa menerawang kebutuhan ITK yang akan di pakai kedepannya.
Konsekuensi:
Jika saya berhasil lulus lebih cepat maka saya telah meringankan beban orang tua saya,jika saya gagal dalam lulus lebih cepat maka saya akan menggunakan waktu yang tersisa di tahun terakhir ini untuk mencari pengalaman sebanyak banyaknya untuk bisa digunakan dalam pegandian ketika saya sudah lulus kelak.Jika aplikasi saya yang akan saya buat dipakai oleh warga itk maka nama saya dapat dikenang dan juga saya akan bangga sebagai mahasiswa itk.jika gagal saya akan kecewa dan mengoreksi diri saya sendiri.dan juga tugas akhir saya akan saya tawarkan ke perusahaan tempat saya bekerja sebagai suatu nilai tambah bagi saya.

Comments

Popular Posts