AKU dan SRK (Hari Darmawan)

Nama : Hari Darmawan
NIM : 06182034
Kelas : Musically

A.K.U
Ambisi, Kenyataan, dan Usaha
Assalamualaikum Wr.Wb, nama saya Hari Darmawan biasa dipanggil Mawan, saya lahir tanggal 6 Oktober tahun 1999. Asal saya yaitu Sebatik, Kalimantan Utara. Saya masuk perguruan tinggi dengan tujuan untuk melanjutkan pendidikan saya. Saya masuk di Institut Teknologi Kalimantan melalui jalur SNMPTN dengan pilihan prodi Teknik Material dan Metalurgi.
A.K.U adalah singkatan dari ambisi, kenyataan, dan usaha. Maksud dari ambisi adalah keinginan untuk mencapai sesuatu, kenyataan adalah kondisi atau keadaan yang dialami, sedangkan usaha adalah upaya yang dilakukan dalam mencapai suatu ambisi. Dapat disimpulkan bahwa A.K.U adalah suatu keinginan atau kemauan yang sangat besar untuk dicapaidengan kenyataan yang berbeda dimana suatu keinginan atau kemauan tersebut dapat terhambat.
Berikut adalah A.K.U saya selama 4 tahun yang akan datang dalam menempuh kuliah, yaitu.
Ambisi
Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperoleh IPK diatas 3.00. Mampu bersosialisasi secara umum, serta mempu untuk tampil berani di depan umum.
Kenyataan
Saya masih kurang dalam hal belajar,masih belum berani untuk tampil di depan umum dan masih sering mengabaikan pembelajaran di kelas.
Usaha
Usaha yang telah saya lakukan agar ambisi saya dapat tercapai yaitu saya harus mengeluarkan semua kemampuan yang saya miliki agar mampu mengembangkan serta melampaui batas serta kekurangan saya.

S.R.K
Sasaran, Resiko, dan Konsekuensi
S.R.K adalah singkatan dari sasaran, resiko, dan knsekuensi. Sasaran merupakan target yang ingin dicapai dimasa yang akan datang. Resiko adalah bahaya yang menjadi kemungkinan akan diperoleh dari suatu pencapaian sebuah sasaran, sedangkan konsekuensi adalah sebuah perumpamaan seperti hukuman yang harus dilakukan apabila suatu pencapaian tidak dapat dicapai.
Adapun S.R.K saya selama 4 tahun yang akan datang semasa perkuliahan yaitu.
Tahun Pertama
Sasaran : Tidak mengulang untuk semua mata kuliah baik dari TPB maupun Prodi.
Resiko : Saya harus mengurangi waktu bermain game online, dimana waktu belajar dan waktu istirahat saya akan terbuang.
Konsekuensi : Saya akan merasa bangga dengan menikmati hasil apabila saya mampu mewujudkan sasaran. Namun, apabila gagal maka saya akan kecewa dan mencoba untuk meningkatkan lagi cara belajar saya.
Tahun Kedua
Sasaran : Saya harus aktif menjadi mahasiswa dan masuk kepanitian dalam kegiatan kampus.
Resiko : Saya akan mengabaikan tugas-tugas harian apabila terlalu aktif dalam suatu kepanitiaan
Konsekuensi : Jika Berhasil tercapai maka saya tidak akan merasa senang karena saya merasa bermanfaat sebagai mahasiswa. Namun, apabila saya gagal maka saya akan kecewa dengan sikap saya yang belum mampu untuk berperan aktif menjadi seorang mahasiswa.
Tahun Ketiga
Sasaran : Saya ingin dikenal semua teman – teman prodi dan mampu mempraktikkan materi-materi yang telah saya terima dalam dunia lapangan atau dunia nyata.
Resiko : Saya akan kehilangan sebagian waktu untuk mempelajari materi karena ingin fokus dalam mempraktikkan suatu materi.
Konsekuensi: Jika saya berhasil maka saya akan senan karena mampu untuk memperluas komunikasi saya serta mampu untuk menerapkan prinsip kuliah di dunia kerja. Namun, jika saya gagal maka saya akan kecewa karena tidak akan mampu untuk membuka wawasan saya sendiri dan harus melakukan segala kegiatan secara autodidak.
Tahun Keempat
Sasaran : Dapat menyelesaikan tugas akhir dengan baik dan benar serta mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan apa yang telah saya pelajari selama masa perkuliahan.
Resiko : Saya harus rela mengorbankan waktu istirahat saya demi mewujudkan impian yang ingin saya capai.
Konsekuensi : Jika Berhasil, maka saya akan merasa sangat bersyukur terutama kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kehendak-Nya serta bantuan-Nya saya mampu membuat orang tua saya bangga terhadap usaha yang saya lakukan. Namun jika saya gagal, maka saya akan kecewa dan berusaha untuk mencari jalan untuk membuat orang tua saya dengan usaha lainnya.

Comments

Popular Posts