AKU dan SRK (Husein Shahab)

Nama : Husein Shahab
NIM : 09181026
Kelas : Musically

AKU DAN SRK
Sebelum saya menjelaskan tentang AKU dan SR, saya ingin memperkenalkan diri, nama saya Husein Shahab, saya kuliah di Institut Teknologi Kalimantan jurusan JSTPK dan prodi yang pilih adalah Teknik Perkapalan. Mengapa saya memilih perkapalan, karena menurut saya selama laut masih ada di Indonesia maupun di dunia, perkapalan akan selalu dibutuhka. Saya percaya lewat dunia perkapalan bia mengembangkn Negara ini, dan suatu kebanggan tersendiri bagi saya karena bisa menuntut dan menimba ilmu di Kampus Institut Teknologi Kalimantan.
Untuk dapat mencapai cita-cita yang saya inginkan, diperlukan perencanaan yang sudah tertata dari awal untuk dapat mencapai goals yang saya impikan. Jadi untuk mencapainya diperlukan yang namanya Ambisi, Kenyataan dan Usaha ( AKU ) serta Sasaran Resiko dan Konsekuensi ( SRK ).
Untuk Ambisi sendiri adalah keinginan yang sangat ingin diperoleh dengan cara apapun, Kenyataan adalah suatu hasil yang telah kita dapatkan secara nyata dengan fakta yang tidak bias dihindari, dan Usaha sendiri adalah perbuatan yang dilakukan untuk dapat memperoleh keinginan yang belum tercapai dengan segala cara. Sasaran juga dapat diartikan sebagai target atau tujuan yang ingin dicapai dengan rencana yang telah disusun dari jauh-jauh hari, Resiko adalah suatu akibat yang kurang menyenangkan  akan kita peroleh kelak jika kita ingin mencapai suatu tujuan yang ingin diimpikan dan Konsekuensi sendiri adalah perbuatan atau hasil yang didapatkan setelah melakukan perbuatan yang telah dilakukan sebelumnya
Setelah penjelasan AKU yang telah saya terangkan, berikut ini AKU yang akan saya jalani selama 4 tahun masa perkuliahan di Institut Teknologi Kalimantan :
Ambisi saya yang pertama kurang lebih sama dengan teman yang lain, yaitu mencapai nilai IPK tertinggi di prodi. Lalu saya ingin lebih banyak mengenal teman di kampus, angkatan saya sendiri maupun kakak tingkat saya. Selain itu saya juga ingin berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di ITK.
Namun kenyataanya saya kurang pandai bersosialisasi, dengan kating maupun dengan teman angkatan saya sendiri. Lebih tepatnya untuk berteman akrab. Dan saya juga belum bias masuk dalam kegiatan-kegiatan organisasi walau saya sudah ikut serta. Terakhir yang sangat membebani, rasa malas saya sangat besar sehingga saya kesulitan dalam mengerjakan tugas. Terutama karena saya banyak membuang waktu untuk bermalas-malasan.
Oleh karena itu sekarang saya akan mulai berusaha, pertama saya akan berusaha belajar dengan giat dan memanajemen waktu dengan lebih baik. Lalu saya akan lebih sering mengikuti kegiatan dalam prodi agar mendapat pengalaman untuk masuk kedalam kepengurusan KM ITK atau HIMA. Dengan hal ini saya yakin akan lebih mudah bagi saya untuk berkontribusi dalam kegiatan kampus ITK. Yang terakhir saya akan memberanikan diri untuk bersosialisasi dengan teman-teman saya.
Kemudian SRK (Sasaran, Resiko dan Konsekuensi) yang akan saya hadapi dalam masa perkuliahan saya  selama 4 tahun di kampus ITK adalah sebagai berikut :
SRK pada tahun pertama :
Sasaran :  Mengenal lebih banyak teman seangkatan saya.
Resiko  : Kurangnya waktu istirahat karena harus mengorbankan waktu untuk teman serta tugas
Konsekuensi : Jika tercapai maka akan memiliki banyak jaringan dan teman terutama karena saya merantau dan perlu banyak teman disekitar Balikpapan. Jika tidak berhasil maka saya akan sulit hidup di kota orang tanpa adanya teman serta teman belajar dalam perkuliahan
SRK pada tahun kedua :
Sasaran : - Mengikuti kegiatan keoorganisasian serta mengikuti perlombaan yang ada
Resiko :   -     Akan susah membagi waktu dengan akademik di kampus
Konsekuensi :   -     Jika tercapai akan mendapatkan pengalaman yang banyak dalam kegiatan organisasi dan perlombaan, namu jika tidak tercapai saya harus siap dengan nilai yang hanya mencapai kriteria yang syarat lulus akibat terlalu fokus dalam kegiatan organisasi


SRK pada tahun ketiga :
Sasaran : -Mencari dan menemukan judul skripsi/TA dan mengurangi kegiatan organisasi di luar kampus
Resiko : - Tidak memiliki waktu yang banyak untuk kegiatan selain di dalam kampus dan akan sibuk di kegiatan akademik
Konsekuensi : - Jika tercapai mendapatkan hasil yang bagus di dalam kegiatan akademik dan akan cepat lulus, namun jika tidak tercapai  akan mendapatkan tekanan akibat waktu yang mepet dan waktu untuk bersantai tidak ada

SRK pada tahun keempat :
Sasaran : - Lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan dan langsung mendapatkan kerja setelah lulus nanti
Resiko : - Harus siap dengan dunia kerja serta tekanan yang hebat pada saat kelulusan akibat siding-sidang yang dihadapi
Konsekuensi : - Jika tercapai akan lulus dengan tepat waktu dan dapat membahagiakan orang tua serta bangga bisa mendapatkan ilmu di kampus ITK, namun jika tidak tercapai tentunya akan lebih lama lulus serta akan susah membagi waktu untuk kegiatan diluar kampus karena harus mengurus kelulusan yang tertunda

Itulah sebagian AKU dan SRK yang akan saya jalanin dengan bantuan teman-teman yang ada di kampus selama saya menjalani masa perkuliahan saya, semoga artikel AKU dan SRK saya dapat memotivasi para pembaca. Terus semangat dalam menjalani kehidupan yang ada dan jangan pernah menyerah, sekian dan terima kasih.




Comments

Popular Posts